Selasa, 30 Oktober 2012

RODA DAN BAN

BAN

Ban kendaraan dapat dibagi menjadi : ban  bias, radial dan
tubeless (tanpa ban dalam).
a). Ban Bias
Ban ini dibuat dengan lapisan serat arah miring.  Memiliki
tapak (tread) dengan daya serap benturan yang baik
sehingga memberikan kenyamanan berkendaraan.  Adapun
ketahanan terhadap keausan dan guncangan (rol) tidak
sebaik ban radial.


b). Ban Radial
Lapisan serat pada ban ini menyilang lingkar ban, ditambah
lapisan sabuk searah lingkar ban.  Tipe ban ini, sabuk
terbuat dari serat baja. Ban ini disebut ban radial baja.
Tapaknya lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan
keausan daripada tipe bias, namun kurang nyaman pada
jalan tidak rata.




Ban Tubeless
Tipe ini dirancang untuk menahan udara langsung
didalamnya tanpa menggunakan ban dalam.  Dilengkapi
dengan lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara
serta berfungsi untuk menghambat udara bocor dengan
cepat saat ban tertusuk, sehingga tingkat keamanannya
cukup baik. Keuntungan Ban Tubeles yaitu saat ban terkena
paku atau benda tajam lainnya, tread dan liner
mencengkeram kuat pada paku, sehingga dapat mencegah
kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis. Karena
udara dalam ban berhubungan langsung dengan rim,
transfer radiasi panas  akan lebih baik. Dengan
dihilangkannya ban dalam, flap dan side ring ban menjadi
lebih ringan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar